Banyak Masalah, Banyak Solusi, Banyak Bisnis

Bismillah

Akhir-akhir ini saya rasanya gatel pengen nulis lagi di blog.

Karena di otak tuh rasanya ide-ide berseliweran kocar-kacir sana sini kayak hewan yang pengen diiket.
***

Pernah gak sih, kamu nemuin atau ketimpa masalah yang rasanya masalah itu enggak gede2 amat, tapi jadi bikin ganggu banget gitu. Apa ya?

Saya lagi ga bisa kasih contoh nih, tapi mungkin kayak notif di smartphone kamu yang ganggu banget itu adalah suatu masalah yang kamu harus cari solusinya dan bisa jadi bisnis aplikasi bagi kamu.

Bikinnya gimana?
Tanya saja ke ahlinya. Soalnya saya belum pernah bikin aplikasi di smartphone :p

Itu sih contoh kecil, tapi kalo misalkan banyak orang yang terbantu dengan aplikasi yang kamu (atau team) ciptakan, bukankah itu bisa jadi ladang pahala dan uang secara bersamaan?

Darimana dapet uangnya? Kalo aplikasinya gratisan?
Kan kamu bisa pasang iklan di aplikasi itu atau enggak kamu dapet uang dari seseorang yang ngundang kamu untuk bisa bicara di umum. Mantaps.

Sebenernya banyak banget sih masalah yang bisa dijadikan solusi dan akhirnya dijadikan bisnis. Selokan depan rumah sering mampet gegara sampah, jika kita tidak punya kewenangan untuk nyuruh orang untuk buang sampah ke tempatnya, yasudah kita bikin saja alat yang bisa menyelesaikan masalah selokan mampet gara-gara sampah itu. Duitnya bisa jutaan bahkan milyaran karena selokan di Indonesia banyak banget, terutama yang tersumbat sampah.

Debu di rumah yang ganggu banget, bikin alat, coba sendiri, berhasil, jual ke pasar, bermanfaat + berduit. Enaaak.

Apalagi masalah yang kamu temukan dan bisa kamu jadikan solusi sehingga bisa jadi bisnis yang berkelanjutan?

Saya tunggu tanggapan kamu

Komentar