Kenapa (sekarang) Saya Lebih Milih HP Second Daripada HP Baru

Bismillah

Saya beberapa hari ke belakang (11/05) baru membeli HH Smartphone Samsung J1 Ace (SM-J110G) dengan harga 600rb.

Menurut saya, harga tersebut terbilang murah jika dibandingkan dengan harga baru beli yang sekitar Rp 1jt-an.

Ini adalah HP ber-OS Android ke-2 yang saya beli. Dan sebelumnya saya beli HP Oppo Find Muse dengan harga Rp 350rb (2016).

BTW, sebetulnya saya menulis di postingan ini isinya hanya pendapat saya kenapa saya (dan mungkin Anda) lebih suka beli HP second (baca: seken).

Inilah beberapa alasan saya lebih suka beli HP second:

1. Lebih Murah

Ini jadi alasan utama saya untuk beli HP yang second. Mengingat harga HP yang kalau sudah punya majikan, dan HP nya keluaran 1 tahun ke belakang, biasanya lebih murah untuk dibeli second.

2. Fitur dalemnya sama

Sejelek apapun tampilan HP second, yang menurut saya lebih penting adalah fiturnya yang enggak berubah.

Maka untuk orang-orang yang ingin ngejual lagi HP nya di kemudian hari. Saya rekomendasikan dengan sangat untuk tidak mengutak-atik bawaan dari pabriknya, terutama software bawaan.

3. Saya enggak terlalu suka foto-foto

Enak sih untuk Samsung J1 Ace ini udah fitur auto-focus. Tapi, fitur auto-focus dengan kekuatan 5mp kamera belakang sudah lebih dari cukup menurut saya.

Mengingat saya yang tidak expose wajah di internet. Dan yang saya foto kebanyakan adalah objek yang menurut saya unique.

4. Budget minim

Saya lahir di keluarga yang kondisi finansial enggak menderita banget dan enggak high-class. Normal-normal saja.

Dengan harga HP Second yang miring dan budget saya yang seadanya, saya bisa merasakan HP Samsung J1 Ace yang harganya sekitar 40% lebih murah dari HP barunya.

5. Bukan HP yang Saya Cari

Yap, saya sebetulnya enggak terlalu masalah dengan pakaian yang saya kenakan, dimana saya tidur, dimana saya tinggal, dan apa gadget yang saya gunakan.

Walau saat ini saya pengen banget orang tua melaksanakan haji, hafal Al-Qur'an, Samsung Note 8, iPhone X, rumah layak dan mewah, punya buku best seller, bisnis online yang mengalahkan perusahaan raksasa, perusahaan di setiap negara, VW Atlas, BMW i8, dan maaaasih banyak lagi.

Dan saya yakin 101% bahwa Allah akan mewujudkan ini dunia, kalau tidak, berarti di akhirat. Naek BMW yang dari Syurga itu beda dengan naek BMW yang dari dunia. ☺
***

Kembali ke bahasan poin ini,

Bukan berarti saya pasrah dengan keadaan saya saat ini. Tapi lebih baik saya menerima keadaan saat ini dan terus berusaha menuju keadaan yang lebih baik.

6. HP Keren Tapi untuk Apa

Saya bener-bener miris banget ngeliat orang yang HP nya bagus, tapi di layarnya kelihatan lagi maen Mobile Legend. Saya akan angkat topik ini di postingan selanjutnya.

Saya nanya nih,

- Gadget yang sekarang kamu punya, dipake untuk apa?

- Gadget yang sekarang kamu punya, dipake taat atau maksiat?

- Gadget yang sekarang kamu punya, menjadikan kamu inget waktu atau lupa waktu?

Kalau jawabannya negatif semua, lebih baik kamu buang gadgetnya ke saya aja, biar saya pake buat kebaikan. 😉

Nulis ini pun, saya pake Samsung J1 Ace ini.

Oh iya, saya pengen ngasih tau nih, ada beberapa kekurangan yang membuat saya sedikit kecewa ketika beli HP second ini. Saya akan pretel satu per satu di postingan selanjutnya.

Supaya bahasan kita enggak melebar.

Itu aja sih alasan saya (sekarang) lebih suka beli HP second daripada yang baru.
Bukan berarti kamu tiap beli HP harus second, kalau semua orang berpikir seperti saya, berarti tidak akan pernah ada HP second. 😂

Jika kamu rasa postingan ini bermanfaat, jangan lupa untuk komentar dan share sebanyak-banyaknya ke sosmed yang ķamu punya, agar tersebar manfaatnya.

Komentar